S2TB
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Tempat mangkalnya buat wong edan karena lapaknya udah tergusur Polisi Pamong Praja


You are not connected. Please login or register

Pentingnya Vaksin Meningitis Sebelum Ibadah Haji

Go down  Message [Page 1 of 1]

DreamWorld

DreamWorld
Pentingnya Vaksin Meningitis Sebelum Ibadah Haji 128106_kedatangan-gelombang-ii-jamaah-haji-di-arab-saudi_663_382


Setiap calon jamaah haji wajib memperoleh vaksinasi meningitis sebelum berangkat haji atau umrah. Umumnya, vaksinasi dilakukan dua minggu sebelum berangkat haji. Apa manfaat vaksinasi meningitis?

Meningitis adalah penyakit radang otak yang disebabkan masuknya bakteri Nisseria Meningitidis melalui udara. Selain mencegah seseorang menjadi pembawa (carrier) vaksinasi dimaksudkan menghilangkan bakteri dari tubuh asalkan imunitas dalam keadaan baik.

Beberapa negara di Afrika, Amerika Utara, Amerika Latin, dan Selandia Baru adalah endemis meningitis meningokokus. Selama berhaji, kemungkinan terjadi kontak atau perpindahan bakteri lewat air liur atau udara dengan carrier meningitis. Pemberian imunisasi sebaiknya dilakukan minimal 10 hari hingga dua minggu agar tubuh membentuk antibodi. Sebelum perjalanan ke negara endemik, vaksinasi meningitis juga dilakukan.

"Pemberian vaksin sebelum mengunjungi negara suatu negara endemis bukan hanya melindungi mereka yang akan berkunjung tapi juga negara asal. Seperti jamaah umrah dan haji yang harus mendapat vaksinasi meningitis sebelum masuk negara Arab Saudi. Karena saat haji atau umrah kita berbeda orang dari berbagai negara," ujar Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional, Dr dr Julitasari Sundoro beberapa waktu lalu.

Bila tak divaksin, mereka yang terjangkit bakteri bisa menjadi carrier dan membawa bakteri ke populasi yang lebih besar.

Gejala meningitis utama seperti nyeri di kepala, leher kaku, kulit kemerahan, penurunan kesadaran dan kejang-kejang. "Terlihat seperti flu biasa namun kemudian dengan cepat bisa menjadi berat," ujarnya.

Back to top  Message [Page 1 of 1]

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum