[Only admins are allowed to see this image]
Para diplomat Inggris yang bertugas di India punya PR tambahan untuk menunjang pekerjaan mereka. Setiap diplomat asal Inggris di negara ini, harus belajar dan mengerti bahasa "Hinglish".
Diberitakan Daily Mail pekan ini, Hinglish adalah hibrida antara bahasa Hindu dan Inggris. Bahasa ini populer digunakan oleh masyarakat India sejak zaman kolonial, tersebar di seantero negeri, digunakan oleh kalangan menengah hingga atas di puncak pemerintahan.
"Kementerian luar negeri di bawah William Hague telah menempatkan pentingnya kemampuan transaksi bisnis dengan bahasa asing. Di India, kami ingin membangun hubungan yang kuat dan dalam, dengan memiliki diplomat yang mampu berbicara Hindi dan bahasa lokal lainnya," kata pernyataan Komisi Tinggi Inggris.
Selama 200 tahun, bahasa Inggris di India telah mengalami transformasi dan dipergunakan secara luas di sekolah swasta dan sektor bisnis. Jika tidak menguasai bahasa ini, dikhawatirkan para diplomat akan tertinggal dalam percakapan yang akhirnya berpengaruh pada hubungan dagang.
Hinglish semakin populer karena juga digunakan di film-film Bollywood dan iklan-iklan. Salah satunya adalah iklan shampoo yang memiliki slogan: 'Come on girls, waqt hai shine karne ka!' yang artinya 'saatnya bersinar.'
Bahasa India dan Inggris sebenarnya juga saling mempengaruhi. Beberapa kata dari India yang diserap oleh Inggris adalah shampoo dan pyjama atau piyama.
Para diplomat Inggris yang bertugas di India punya PR tambahan untuk menunjang pekerjaan mereka. Setiap diplomat asal Inggris di negara ini, harus belajar dan mengerti bahasa "Hinglish".
Diberitakan Daily Mail pekan ini, Hinglish adalah hibrida antara bahasa Hindu dan Inggris. Bahasa ini populer digunakan oleh masyarakat India sejak zaman kolonial, tersebar di seantero negeri, digunakan oleh kalangan menengah hingga atas di puncak pemerintahan.
"Kementerian luar negeri di bawah William Hague telah menempatkan pentingnya kemampuan transaksi bisnis dengan bahasa asing. Di India, kami ingin membangun hubungan yang kuat dan dalam, dengan memiliki diplomat yang mampu berbicara Hindi dan bahasa lokal lainnya," kata pernyataan Komisi Tinggi Inggris.
Selama 200 tahun, bahasa Inggris di India telah mengalami transformasi dan dipergunakan secara luas di sekolah swasta dan sektor bisnis. Jika tidak menguasai bahasa ini, dikhawatirkan para diplomat akan tertinggal dalam percakapan yang akhirnya berpengaruh pada hubungan dagang.
Hinglish semakin populer karena juga digunakan di film-film Bollywood dan iklan-iklan. Salah satunya adalah iklan shampoo yang memiliki slogan: 'Come on girls, waqt hai shine karne ka!' yang artinya 'saatnya bersinar.'
Bahasa India dan Inggris sebenarnya juga saling mempengaruhi. Beberapa kata dari India yang diserap oleh Inggris adalah shampoo dan pyjama atau piyama.